Berbagai Tipe Data Dalam Pemrograman PHP

String
String merupakan salah satu tipe data skalar yang bisa digunakan untuk data binary. Dimana data binary tersebut bisa berupa teks, karakter, daftar dari file gambar, dan sebagainya.
Contoh:$anny = ‘Anny adalah seorang mahasiswi Informatika UNG’;

Integer
Tipe data Int digunakan untuk variabel yang memiliki nilai bilangan bulat. Int bisa berupa angka dengan nilai positif ataupun bernilai negative.
Contoh:$populasi = 20000000;$suhu = -14 ;

Float
Tipe data Float digunakan untuk menyatakan nilai sebuah variabel yang berupa angka pecahan. Tipe data Float juga dapat berisi angka pecahan dengan nilai positif maupun negative.
Contoh:$panjang = 145.78;$percepatan = -5.216;

Boolean
Tipe data Boolean digunakan untuk variabel yang bernilai TRUE (benar) atau FALSE (salah). Tipe data Booelan paling is used for values that are either true or false. Tipe data Boolean lebih sering digunakan dalam proses pernyataan kondisional.
Contoh: if (($usia > 12) && ($usia < 20)) {$remaja = true;} else {$remaja = false;}

Null
Null merupakan tipe data yang hanya terjadi pada kondisi tertentu. NULL memiliki arti bahwa nilai sebuah variabel belum/tidak ditentukan.
Contoh:if (is_null($increment)) {$increment = 1;return $increment;} else {return ++$increment;}

 

Resource
Sama seperti tipe data NULL, tipe data resource mengindikasikan bahwa sebuah variabel belum dipasangkan nilainya. Tipe data resource juga digunakan untuk variabel yang menyimpan data yang merupakan referensi dari external resource.

Contoh:

$hasil = mysql_query($query);

Leave a comment