Pengenalan Program Bahasa C++

Bahasa C++ merupakan bahasa yang dikembangkan dari Bahasa C oleh Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories. Bahasa C++ dibuat pada tahun sekitar 1983, 13 tahun setelah bahasa C dikembangkan oleh Dennis Ritchie (1970). C yang berkembang menjadi C++ telah disempurnakan dengan ditambahkannya fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi. Tanda ++ pada C++ merupakan operator C untuk operasi penaikan yang menandakan bahwa bahasa C yang baru ini merupakan versi yang lebih canggih. Kelebihan dari bahasa C++ yang tak dimiliki C adalah kemampuan C++ untuk mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Pragramming/OOP).

Saat ini Borland International dan perusahan lainnya telah merilis berbagai macam compiler C seperti Topspeed C++, Zortech C++, Borland C++ dan Turbo C++ yang sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Untuk Borland C++, selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemograman Windows

Borland C++ juga memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan compiler lain terutama dalam hal kecepatan dan efisiensi kompilasi. Disamping itu, Borland C++ mendukung beberapa system operasi yaitu DOS, Windows 16bit (Window 3.0) dan windows 32 bit (Windows NT).

Namun compiler Borland C++ juga memiliki kelemahan bila dibandingkan compiler

C++ yang lain, misalnya : pemrograman dengan Borland C++ terutama yang menyangkut tampilan jauh lebih sulit daripada pemrograman dengan Microsoft Visual C++.

Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bagian utama, yaitu :

1. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // dan pasangan /* … */

2. Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan symbol #

3. Bagian deklarasi

4. Bagian definisi

Bahasa C++ secara umum memiliki struktur program seperti berikut:

-Daftar header file

-Deklarasi variabel global dan fungsi-fungsi tambahan

-Kepala fungsi utama/main

-Definisi fungsi utama/main

-Definisi fungsi-fungsi tambahan (subroutine)

-Subroutine dapat dituliskan setelah fungsi main atau di dalam file pustaka (library). Namun bila diletakan pada library, maka file library harus disertakan dengan menggunakan prepocessor directive #include yang diletakan pada daftar header file.

 

 

Contoh penulisan bahasa C++

Menampilkan huruf abjad (Compiler yang saya gunakan adalah Turbo C++).

clip_image001

Klik DEBUG -> RUN atau tekan CTRL+F9

 

clip_image002

Output data

clip_image004

 

Leave a comment