How to make your Twitter Sidebar Transparent

Lately people on twitter got their sidebar amazingly Transparent. You might wondering how did they do that, don’t you?
Well, luckily, there’s actually a special code which can make your Twitter sidebar becomes transparent. And it’s pretty easy to do.
Just follow these 4 steps then you’ll get your transparent sidebar right away (:
Step One :

Login to twitter and select “edit your profile” then select the “Design” section on to this link:
http://twitter.com/settings/design
Step Two :

Grab the code below:
javascript:d=document;c=d.createElement(‘script’);d.body.appendChild(c);c.src=’http%3A%2F%2Fwww.justinparks.com%2Ftwitter%2Ftwitter-sidebar.js’;void(0);
**Big thanks to João Pedro Carvalho Motta for the original code.
Step Three :
Go to the address bar on your browser (where it says http://twitter.com/settings/design) and select the URL. Copy over it with the code from above. Just like this.

Now you just need to hit Enter or line break or return (the big key that makes you take a new line) to make the change take effect.

Step 4 :

“Save” your changes.

Now you’re done. Go to your profile page and chack the tranparent sidebar yourself (:

*It would become like this*

 

Now what if you want to change back to a normal sidebar with a coloured background. No probs. Just login into the design page again and select “Change Design Background” and hit save and your all sorted.

Source : http://www.justinparks.com/

Mind Map: Menggunakan Citra Visualisasi Untuk Membangun Gagasan

Ada berbagai cara yang dapat diguanakan untuk menyimpulkan suatu informasi yang didapatkan, seperti kegiatan mencatat, merekam, atau mengvisualisasikannya melalui bagan ataupun diagram. Namun pada umumnya orang-orang lebih cenderung melakukan kegiatan mencatat untuk membuat kesimpulan dari informasi yang mereka dapatkan, dengan merangkum poin-poin tertentu dari suatu informasi sehingga didapatkan kesimpulan yang jelas dan informatif. Hingga kini gaya mencatat konvensional masih cenderung digunakan, informasi yang didapatkan melalui bacaan maupun media auditorial-visual seperti televisi dan radio dirangkum dalam bentuk outline atau baris-baris yang diberi point, gaya mencatat ini umum digunakan oleh para pelajar ataupun wartawan yang melakukan wawancara.

Merangkum sebuah informasi penting dilakukan guna mendapatkan kesimpulan atau inti yang jelas dari suatu informasi yang didapatkan, oleh karena itu kemampuan mencatat yang baik amat diperlukan agar dapat mendapatkan kesimpulan yang jelas. Teknik mencatat dengan format outline yang tradisional ini mempersulit kita untuk medapatkan gambaran dan melihat kaitan-kaitan antara gagasan. Format mencatat outline  biasanya sulit diikuti dan jarang menampilkan intisari permasalahan yang ”sebenarnya”, dan juga cenderung membosankan serta sulit menempel pada ingatan kita untuk jangka waktu yang panjang.

Contoh gaya mencatat dengan format outline:

PENGGELONDONGAN BANDENG

I. PENGERTIAN

Kegiatan penggelondongan nener merupakan mata rantai yang bertujuan salah satunya adalah menekan mortalitas benih karenan pengelondongan nener adalah masa awal pemeliharaan yang    dianggap sebagai   masa paling kritis.

II. PEMILIHAN LOKASI

– Mempertimbangkan aspek-aspek yang berkaitan dengan lokasi seperti tata ruang

– Jarak lokasi ideal dari sumber benih/nener maksimal 12 jam.

– Sarana transportasi dan kelancaran sarana angkutan.

– Jaringan listrik. Sarana yang diperhatikan dalam memilih lokasi adalah yang dekat dengan jaringan listrik negara (PLN).

III. SISTEM PETAK PENENERAN

Petakan untuk nener.

– Petakan untuk gelondongan.

– Petakan Aklimatisasi.

-Tempat pengumpulan (tempat untuk panen)

Pintu dan gorong-gorong.

Teknik mencatat dengan format outline seperti diatas terbukti tidak efisien dan berbelit. Susunan poin-poin yang linear dan hanya  berorientasi pada otak kiri menyebabkan orang cenderung melewati beberapa poin sehingga tidak semua poin dari catatan yang tertangkap oleh otak.

Mind Mapping adalah gaya mencatat dengan menggunakan citra visual dimana otak anda dapat mengingat informasi dalam bentuk gambar-gambar dan simbol-simbol. Teknik Mind Mapping  pertama kali dikembangkan oleh  Tony Buzan  pada tahun 1970 berdasarkan pada riset tentang bagaimana cara kerja otak yang sebenernya. Gaya mencatat dengan Mind Mapping jauh lebih mudah dan efisien dibandingkan dengan gaya mencatat outline yang tradisional, karena dalam teknik Mind Mapping, kedua belah otak kita dapat bersinergi dan bekerja secara aktif. Cara ini juga lebih menyenangkan, menenangkan, dan kreatif.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyusun catatan Mind Map:

Langkah Pertama, siapkan beberapa pulpen (spidol warna SNOWMAN juga boleh Smile ) dengan warna yang berbeda-beda, kertas polos seperti HVS atau buku catatan biasa, dan kalau bisa gunakan kertas secara melebar agar mendapatkan lebih banyak tempat untuk menulis cabang atau poin-poin dari gagasan utama.

Langkah kedua, tulislah gagasan utamanya di tengah-tengah kertas anda dan lingkuplah dengan lingkaran atau balloon seperti balloon berbentuk segiempat, segitiga, dsb. Gambarlah balloon dengan bentuk sekreatif mungkin.  

Langkah ketiga, lukislah cabang yang keluar dari balloon pusat yang menjadi gagasan utamanya. Gunakan pulpen dengan warna yang berbeda-beda untuk setiap cabang-cabang poin yang keluar dari balloon gagasan utama. Tujuannya adalah agar anda dapat lebih mudah mengingat letak dan susunan poin-poin beserta inti yang dimaksudkan pada poin tersebut. Ingat! warna dapat meningkatkan daya ingat kita hingga 75%.

 

Langkah keempat, tulislah kata kunci atau frase pada tiap-tiap cabang yang dikembangkan untuk detail. Kata-kata kunci ini adalah kata yang menyampaikan inti sebuah gagasan dan memicu ingatan anda. Jika anda menggunakan singkatan atau mnemonik, pastikan bahwa anda mengenal singkatan-singkatan atau mnemonik ini sehingga anda dapat dengan mudah mengenal artinya selama berhari-hari atau berminggu-minggu setelahnya.

 

Langkah kelima, ini adalah langkah yang paling penting dan mengasyikan. Tambahkan ilustrasi-ilustrasi pada tiap cabang dari balloon gagasan anda. Tujuan dari menambahkan ilustrasi ini adalah agar mempermudah anda dalam mengingat poin-poin tertentu yang terasosiasi dengan ilustrasi yang anda buat. Misalnya, ketika salah satu cabang dari gagasan utama anda adalah “Suhu bumi yang makin meningkat”, anda bisa menambahkan ilustrasi bumi yang sedang berasap-asap, pokoknya gambarkan sekreatif mungkin, dan jangan lupa untuk mewarnai ilustrasi anda dengan warna yang menarik. Semakin unik gambar ilustrasi anda maka semakin mudah anda mengingat poin tersebut bahkan untuk jangka waktu yang lama.

 

 

Berikut adalah contoh catatan dengan topik “Cara Kerja Otak” yang saya buat dengan menggunakan teknik Mind Mapping.

img

Teknik Mind Mapping sudah saya terapkan ketika saya masih duduk di bangku SMA setelah membaca buku Quantum Learning karya Bobbi DePorter dan Mike Hernacki yang memuat teknik-teknik mencatat dengan menggunakan Mind Mapping. Teknik mencatat seperti ini terbukti (pada saya) 100% berhasil. Pengalaman saya mencatat dengan cara konvensional yang tidak efisien dan rumit membuat saya memilih untuk beralih ke teknik mencatat dengan menggunakan Mind Mapping, saat perkuliahan, seminar, atau diskusi, cara mencatat seperti ini sangat membantu saya untuk menyusun rangkuman, memperoleh kesimpulan serta memunculkan gagasan-gagasan yang baik.

Awalnya mungkin teknik mencatat dengan Mind Mapping akan terkesan aneh dan berbeda, tapi dengan penerapan yang terus-menerus, anda akan terbiasa dengan metode mencatat seperti ini, dan anda akan terkejut dengan hasil yang didapatkan serta perbedaannya dari teknik mencatat outline yang kuno dan konvensional.

Gorontalo Perlu Persiapan Menghadapi Aktivitas Tektonik Global

Berikut adalah artikel tentang Aktivitas Tektonik di provinsi Gorontalo yang dimuat di Koran Gorontalo Post edisi Rabu, 10 November 2010. Kebetulan artikel ini ditulis oleh Ayah Saya   Ir. Husen A. Taha M.Sc.  

Jadi, sekedar untuk informasi bersama, artikel ini saya post di blog saya. Semoga bermanfaat bagi para blogger yang membacanya Smile

Ir. Husen A. Taha M.Sc. : Penampakan yang paling nyata tentang keberadaan panas bumi ditunjukkan oleh manifestasi permukaan antara lain berupa rembesan air panas, fumarol, mata air panas, geiser, dan zona ubahan hidrotermal.

Cekungan Kota Gorontalo, cekungan Boalemo dan cekungan Pohuwato dapat berasal dari kawah gunung api OAR purba atau dari lipatan sinklin OAB. Hipotesis cekungan Kota Gorontalo berasal dari kawah purba karena :

(1) Adanya batuan piroklastik yang cukup besar sekitar Pohe hingga Tanjung Kramat memanjang kebarat dan disekitar pelabuhan feri memanjang ke timur.

(2) Adanya air panas bau belerang menunjukan bahwa air tanah tersebut dekat dengan dapur magma dan telah diteliti oleh Kementrian ESDM bahwa air panas tersebut adalah geothermal yang dapat membangkitkan listrik hingga 110 MW.

(3) Adanya mineral Gypsum yang terjadi melalui proses reaksi sulfat yang terkandung dalam air kaldera dengan senyawa Kalsium dari batuan yang dilewati dan proses penguapan yang juga mempercepat pembentukannya dan ini umumnya terbentuk pada daerah kawah.

(4) Adanya batuan beku granit yang mengelilingi Kota Gorontalo dimana batuan ini umumnya merupakan penyusun dinding suatu kawah.

Danny Zulkifli Herman dari Pusat Survei Geologi Bandung mengatakan bahwa wilayah-wilayah panas bumi terutama terjadi dilingkungan OAR, tempat bilik bilik magma sebagai sumber panas. Lingkungan tersebut berada pada wilayah batas lempeng konvergen tempat terbentuknya aneka komposisi magma yang berkisar dari basal (gabbro) hingga riolit (granit). Penampakan yang paling nyata tentang keberadaan panas bumi ditunjukkan oleh manifestasi permukaan antara lain berupa rembesan air panas, fumarol , mata air panas, geiser, dan zona ubahan hidrotermal. Semua hal tersebut merupakan bukti adanya sistem hidrotermal aktif di bawah permukaan sebagai bagian dari kegiatan vulkanisme. Kasus yang mirip dengan wilayah Kota Gorontalo adalah daerah pegunungan Muria yang diteliti oleh Sutikno Bronto dan Sri Mulyaningsih dari Teknik GeologiI IST AKPRIND Yogyakarta, meneliti dinding dinding kawah gunung api yang aktif kembali, mereka mengemukakan tiga gunung api telah diketahui yaitu Maar Bambang, Maar Gunung rowo,dan Maar Gembong. ***

Big Man from Nigeria. Olusegun Obasanjo

Olusegun Obasanjo

Olusegun Obasanjo, merupakan seorang pemimpin luar biasa dari Afrika. Seorang jendral yang pernah memimpin Nigeria di tahun 1970-an dan kembali menjabat sebagai Presiden di tahun 1999 sampai dengan pada tahun 2007. Pria berusia 27 tahun ini juga menjabat sebagai Duta PBB untuk Republik Demokrasi Congo.

Berikut dilansir hasil wawancara antara salah seorang jurnalis dari Newsweek Magazine, Jerry Guo dengan Olusegun di kampung halamannya Abeokuota, untuk berbicara masa depan negaranya  — Afrika, salah satu negara dengan penduduk terpadat di dunia — dan berikut kutipannya.

JG : Dalam dua bulan terakhir ini, seorang pengganti anda telah menunjukkan ketidakmampuan karena masalah kesehatannya. Apakah pengangkatan Goodluck Jonathan sebagai presiden baru-baru ini mengakibatkan kegentingan?

OO : Presiden saat itu sedang sakit. Setiap orang bisa sakit kapan saja, dan saya tidak membercayai bahwa tindakan permanen presiden merupakan solusi permanen. Jadi, saya berpikir bahwa mungkin ada beberapa kangah-langkah yang harus diambil.

JG : Setelah insiden rencana pengeboman di hari Natal yang dilakukan oleh seorang seorang warga negara Nigeria bernama Umar Farouk Abdhulmuthalib, perlukah anda mengkhawatirkan bahwa Nigeria bisa saja nantinya akan menjadi tempat para teroris untuk meluncurkan bom?  

OO : Saya tidak terlalu memikirkan hal-hal begitu karena saya yakin kalau hal seperti itu tak akan terjadi. Pemuda seperti Umar Farouk ini di doktrinasi. Seharusnya hal seperti itu dianggap sebagai sebuah penyimpangan, namun kita lamban dalam bereaksi. Kita memang sudah seharusnya memerangi terorisme dimana saja. Ayah dari pemuda itu dulunya adalah seorang Mentri ketika saya masih menjabat sebagai kepala kemiliteran negara, ia dikenal sebagai seorang pria yang berdedikasi tinggi. Apa yang telah ia lakukan? dan apa yang tidak ia lakukan? Dan bagaimana kita mencegah kemungkinan-kemungkinan akan munculnya Abdulmuthalib-Abdulmuthalib lainnya? Kita harus waspada dan sebisa mungkin mencari tahu semua hal tentang kemungkinan  adanya tindakan aksi terorisme yang berikutnya, dan para pemimpin-pemimpin di Amerika sebaiknya mengetahui bahwa kami serius mengenai hal ini.

JG : Sebagian besar kekayaan Nigeria di dapat dari minyak. Namun pembangunan sarana dan prasarananya  masih jauh tertinggal di belakang Afrika Selatan. Apakah mungkin terdapat kebenaran dari kutukan minyak tersebut?

OO : Saya percaya bahwa tuhan mengetahui apa yang ia lakukan ketika ia meletakkan minyak di bawah tanah kami. Dan itu merupakan salah satu anugrah yang seharusnya dapat membangun Nigeria. Tetapi ketika kami menyadari bahwa negara kami adalah negara penghasil minyak, kami jadi melalaikan sektor-sektor lain seperti pertanian salah satunya. Sejak awal seluruh penduduk Nigeria sudah memulai hidup mereka dengan mengandalkan minyak, kami sama sekali tidak pernah mengandalkan sektor-sektor seperti pertanian dan semacamnya. Namun untuk pertama kalinya sejak kemerdekaan, sektor pertanian kami meningkat 7% dalam waktu empat tahun, itu ketika saya masih menjabat sebagai Pemimpin negara.

JG : Apa komentar anda menganai China yang saat ini tengah menguatkan dominasi ekonomi mereka? Beberapa orang menganggapnya sebagai tindakan ‘kolonisasi’. Bagaimana dengan Afrika?

OO :  Saya merasa sedikit tersinggung jika itu disebut sebagai kolonisasi terhadap Afrika. China berinvestasi di Afrika sama halnya dengan mereka berinvestasi di Amerika. Amerika saat ini memiliki hutang yang sangat besar terhadap China. Jadi, apakah itu sebuah kolonisasi? Kami menghormati Amerika dan Eropa sebagai teman lama, kami tetap mempertahankan hubungan dengan teman-teman lama kami tetapi kami juga membangun pertemanan baru dengan Jepang, China, dan India.

JG : Apakah menurut anda Obama tak melakukan cukup banyak untuk Afrika?

OO : Saya tak berharap beliau untuk membukakan peluang bantuan keuangan Amerika untuk Afrika. Presiden Obama adalah seorang warga Amerika, dan apa yang menjadi prioritas baginya adalah kesejahteraan rakyat Amerika. Jika Obama mencoba melakukan terlalu banyak untuk Afrika, itu akan dianggap sebagai tindakan yang terkesan “ikut campur”.

JG : Anda berusaha untuk memperbaharui birokrasi yang sudah terlanjur tercemar oleh praktek korupsi. Apa saja pelajaran yang bisa diambil dari sini, untuk para pemimpin Afrika lainnya?

OO : Memberantas korupsi bukanlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu malam. Sebelum saya lahir pun korupsi memang sudah menjadi jalan hidup, terutama di dalam kementrian. Maka dari itu tak seharusnya kita mengisi seluruh kursi kementrian dengan orang-orang dari partai tertentu. Ini juga merupakan suatu dilema bagi kita untuk menemukan orang yang cocok untuk melakukan pekerjaan ini, tetapi di lain pihak mereka memilih untuk tidak mengajukan diri untuk menjalani tugas ini karena suatu alasan tertentu.

JG : Negara mana di Afrika yang menurut anda cukup baik dalam mengatur pemerintahannya?

OO : Mungkin Botswana. Mereka tidak melakukan hal-hal untuk memuaskan orang lain. Mereka hanya bekerja demi kepuasan negara mereka sendiri.

JG : Apakah anda optimis mengenai masa depan Afrika?

OO : Ketika saya masih menjabat di pemerintahan, Afrika memiliki APBN sebesar US$3,7 miliar. Delapan tahun kemudian, setelah membayar hutang sebesar US$ 34 miliar, kami masih memiliki sisa sekitar US$ 45 miliar. Dan pertumbuhan ekonomi saat itu sekitar 6 sampai 7 persen. Jadi, anda bisa lihat kan? Afrika memiliki peluang besar untuk lebih meningkatkan perekonomiannya di waktu yang akan datang.

Pengenalan Program Bahasa C++

Bahasa C++ merupakan bahasa yang dikembangkan dari Bahasa C oleh Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories. Bahasa C++ dibuat pada tahun sekitar 1983, 13 tahun setelah bahasa C dikembangkan oleh Dennis Ritchie (1970). C yang berkembang menjadi C++ telah disempurnakan dengan ditambahkannya fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi. Tanda ++ pada C++ merupakan operator C untuk operasi penaikan yang menandakan bahwa bahasa C yang baru ini merupakan versi yang lebih canggih. Kelebihan dari bahasa C++ yang tak dimiliki C adalah kemampuan C++ untuk mendukung pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Pragramming/OOP).

Saat ini Borland International dan perusahan lainnya telah merilis berbagai macam compiler C seperti Topspeed C++, Zortech C++, Borland C++ dan Turbo C++ yang sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Untuk Borland C++, selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemograman Windows

Borland C++ juga memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan compiler lain terutama dalam hal kecepatan dan efisiensi kompilasi. Disamping itu, Borland C++ mendukung beberapa system operasi yaitu DOS, Windows 16bit (Window 3.0) dan windows 32 bit (Windows NT).

Namun compiler Borland C++ juga memiliki kelemahan bila dibandingkan compiler

C++ yang lain, misalnya : pemrograman dengan Borland C++ terutama yang menyangkut tampilan jauh lebih sulit daripada pemrograman dengan Microsoft Visual C++.

Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bagian utama, yaitu :

1. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // dan pasangan /* … */

2. Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan symbol #

3. Bagian deklarasi

4. Bagian definisi

Bahasa C++ secara umum memiliki struktur program seperti berikut:

-Daftar header file

-Deklarasi variabel global dan fungsi-fungsi tambahan

-Kepala fungsi utama/main

-Definisi fungsi utama/main

-Definisi fungsi-fungsi tambahan (subroutine)

-Subroutine dapat dituliskan setelah fungsi main atau di dalam file pustaka (library). Namun bila diletakan pada library, maka file library harus disertakan dengan menggunakan prepocessor directive #include yang diletakan pada daftar header file.

 

 

Contoh penulisan bahasa C++

Menampilkan huruf abjad (Compiler yang saya gunakan adalah Turbo C++).

clip_image001

Klik DEBUG -> RUN atau tekan CTRL+F9

 

clip_image002

Output data

clip_image004